Jumat, 27 Januari 2012

Pincang, Sriwijaya FC pun kalah

Rivky Deython Mokodompit ( internet / sripoku.com )
Akhirnya, Sriwijaya FC kembali menderita kekalahan yang kedua kalinya setelah sebelumnya berhasil dikalahkan oleh Persib Bandung dalam lanjutan kompetisi Indonesian Super League (ISL) musim 2011/2012.

Kali ini, Sriwijaya FC berhasil dikalahkan oleh Persiwa Wamena dengan kedudukan akhir 1-0 untuk kemenangan Persiwa. Persiwa Wamena berhasil menang setelah Edison Pieter Romaropen pada menit ke 47 berhasil memperdaya penjaga gawang Sriwijaya FC yang bernama Rivki Deython Mokodompit.

Ketika menghadapi Persiwa, Sriwijaya FC tanpa diperkuat pemain bintang. Pemain tersebut adalah Thierry Gathuessi dan Lim Joon Sik yang terkena akumulasi kartu kuning, Ponaryo Astaman yang masih dalam tahap penyembuhan cidera hamstring, dan Ferry Rotinsulu yang menderita demam ketika menjelang pertandingan tersebut.

Walaupun ditinggalkan pemain utama, pola permainan Sriwijaya FC tidak berubah dari permainan pada pertandingan sebelumnya. Selama babak pertama, para pemain Sriwijaya FC menguasai jalannya pertandingan. Bahkan, para pemain Sriwijaya FC seperti bermain di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring dikarenakan sangat santai dan terus menekan pertahanan Persiwa.

Memasuki awal babak kedua, para pemain Sriwijaya FC dikejutkan oleh serangan para pemain Persiwa. Hasilnya, pemain Persiwa yang bernama Edison Pieter Romaropen berhasil mencetak gol sehingga Persiwa unggul 1-0 dan hingga pertandingan selesai, keunggulan Persiwa tetap bertahan sehingga kemenangan pun berhasil didapatkan oleh tim yang berjuluk Laskar Badai Pegunungan.

Menyikapi gol yang dicetak oleh Edion Pieter Romaropen tersebut, penjaga gawang Sriwijaya FC yang bernama Rivky Deyton Mokodompit mengatakan bahwa sebenarnya posisi dari Edison Pieter Romaropen tersebut sudah terperangkap dalam offside. Tetapi, ternyata wasit dan hakim garis menganggap bahwa kejadian tersebut tidak offside.

"Bukannya tidak ingin mengakui kekalahan, namun saya lihat Edison Pieter Romaropen yang mencetak gol tidak bergerak sama sekali. Posisinya sudah berada di depan pemain belakang kita, namun saya tidak tahu dalam pandangan wasit bagaimana. Gol Persiwa ini bermula umpan silang dari sisi kanan lapangan, kemudian bola yang memantul langsung saja disambar oleh Pieter. Bola tendangannya sempat tertepis oleh saya namun masih masuk ke gawang" Kata Rivky.

Setiap pertandingan, terkadang memang dirasakan tidak adil oleh salah satu tim yang bertanding dikarenakan keputusan yang diberikan oleh wasit. Tetapi, apapun itu, wasit adalah penguasa di lapangan yang keputusannya mutlak harus diterima oleh para pemain, official, dan para supporter. Jikalau keputusan wasit memang keliru, sudah sepantasnya dilaporkan kepada pengurus PSSI yang mengurusi wasit agar wasit memang bekerja dengan baik dan benar sehingga memberikan keadilan bagi kedua tim tanpa harus merugikan salah satu tim, apalagi tim tamu.

Kekalahan Sriwijaya FC atas Persiwa Wamena ini, membuat Sriwijaya FC harus turun ke peringkat kedua klasemen sementara. Hal ini dikarenakan Persipura berhasil menang 3-1 atas Persiram Raja Ampat melalui gol yang dicetak oleh Boaz Salossa, Alberto Goncalves, dan Ian Lois Kabes. Kemenangan Persipura tersebut membuat persipura menduduki peringkat pertama dengan poin 20 dan Sriwijaya FC menduduki peringkat kedua dengan poin 19.

Pada hari Sabtu (28/01) nanti, Sriwijaya FC akan mendatangi Jayapura guna menghadapi Persipura. Pertandingan ini tentunya merupakan pertandingan yang ditunggu-tunggu. Selain masalah gengsi dalam hal prestasi, hasil dari pertandingan ini akan menentukan siap yang memuncaki klasemen sementara kompetisi Indonesian Super League musim 2011/2012.

Sriwijaya FC tentunya mempunyai keinginan yang sangat besar untuk mengalahkan Persipura dikarenakan ingin menduduki peringkat pertama dan juga para pemain Sriwijaya FC yang tidak bisa bermain ketika melawan Persiwa, bisa diturunkan ketika Sriwijaya FC menjalani pertandingan melawan Persipura.

Siapakah yang akan menang? mari kita tunggu dan kita saksikan bersama.

  • Stumble This
  • Fav This With Technorati
  • Add To Del.icio.us
  • Digg This
  • Add To Facebook
  • Add To Yahoo