Senin, 12 Maret 2012

Selebrasi gol unik, kreatifitas pemain

Logo Sriwijaya FC ( internet / sriwijaya-fc.com )
Bagi beberapa orang pemain sepak bola, perayaan setelah mencetak gol atau lebih dikenal dengan istilah selebrasi gol, merupakan sesuatu tindakan yang penting dilakukan. Menurut mereka, selebrasi gol tersebut bisa menjadi perantara agar para penggemar bisa mengingat dia ketika selebrasi tersebut diperagakan kembali.

Namun, tidak sedikit diantara para pencetak gol tersebut yang memiliki selebrasi gol yang membosankan ataupun monoton. Setiap selesai mencetak gol, pasti selebrasi gol seperti itu yang dilakukan secara terus menerus dan terkadang, bukan tidak mungkin meniru gaya dari orang lain.

Sriwijaya FC termasuk klub yang memiliki para pemain yang memiliki selebrasi gol yang unik, kreatif, dan bermacam-macam sehingga orang yang menyaksikan tidak merasa bosan. Bahkan, pada saat pertandingan Sriwijaya FC berlangsung, selebrasi gol dari para pemain Sriwijaya FC termasuk yang ditunggu oleh para penonton dikarenakan selebrasi tersebut sangat menghibur para penonton dan tentu saja mereka sendiri.

Keith Kayamba Gumbs ( internet / sfc-mania.net )
Selebrasi gol dari pemain Sriwijaya FC yang sangat diingat oleh pemain itu sendiri ataupun para penonton adalah ketika Keith Kayamba Gumbs berhasil memasukkan bola ke gawang Arema Indonesia. Pada saat itu, Keith Kayamba Gumbs langsung mengeluarkan topeng spiderman dan langsung bergaya seperti spiderman dengan seolah-olah bisa mengeluarkan jarring dari tangannya. Selebrasi gol tersebut, secara khusus diberikan kepada anaknya yang bernama Nayaka karena Nayaka sangat menyukai Spiderman.

“Perayaan gol itu spesial, karena Nyaka selalu pura-pura jadi Spider-Man kalau sedang di kamar. Dan sebelum pertandingan, istri saya menyusuh saya bawa kostum itu untuk selebrasi,” Kata Kayamba.

Selain selebrasi gol dari Keith Kayamba Gumbs, selebrasi gol yang dilakukan oleh Firman Utina juga sangat diingat oleh public sepak bola Indonesia. Pada saat itu, Firman bergaya sebagai seorang dirigen yang mengajak para pemain Sriwijaya FC yang lainnya untuk bernyanyi dan memberikan hormat.

Firman Utina Narsis ( internet / antarafoto.com )
Firman utina juga sempat membuat para penonton pertandingan Sriwijaya FC menjadi tertawa dengan selebrasi golnya. Pada saat itu, setelah mencetak gol, Keith Kayamba Gumbs meminjam handphone wartawan yang mempunyai kamera dan Keith Kayamba Gumbs mengajak para pemain Sriwijaya FC yang lainnya untuk berfoto bareng. Pada kesempatan itu, Firman Utina bergaya imut sehingga membuat Firman Utina beda dari pemain Sriwijaya FC yang lainnya.

Terakhir, ketika Sriwijaya FC berhasil menang 3-1 atas Persisam Samarinda pada tanggal 03 Maret 2012 di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang. Keith Kayamba Gumbs yang berhasil mencetak dua gol, melakukan selbrasi untuk yang lain lagi. Pada gol pertama, Keith Kayamba Gumbs seolah-olah cidera dan akhirnya ditolong oleh para pemain dan tim medis Sriwijaya FC.

Kayamba Gumbs Dayung ( Internet / antarafoto.com )
Pada gol kedua, Keith Kayamba Gumbs melakukan selebrasi gol dengan mengajak rekan-rekannya duduk berbaris kemudian mendayung, seolah-olah mereka berada diatas kapal dayung hingga akhirnya Keith kayamba Gumbs langsung masuk ke air seperti ikan yang telah menemukan air. Aksi selebrasi gol ini tentunya menimbulkan tawa dari para pemain Sriwijaya FC dan juga para penonton pertandingan tersebut.

Sebenarnya, banyak sekali seberasi gol unik dan kreatif serta menghibur yang dilakukan oleh para pemain Sriwijaya FC. Namun, tentunya tidak bisa dibahas satu persatu karena mungkin akan membutuhkan tempat yang banyak untuk membahasnya. Biarlah foto-foto dari selebrasi gol para pemain Sriwijaya FC tersebut yang akan menjadi saksi bisu dari apa yang telah mereka lakukan.

Sesungguhnya, apa yang ditunjukkan oleh para pemain Sriwijaya FC ini adalah sebuah pelajaran. Ya, sebuah pelajaran. Pelajaran megnenai makna sebenarnya dari sepak bola itu sendiri. Sepak bola adalah sebuah hiburan bagi para pemain dan juga para penonton. Hiburan yang menyatukan banyak orang dan dari berbagai golongan menjadi satu. Hiburan yang berupa pertunjukkan skill para pemain di lapangan hijau dan ditambah dengan selebrasi gol yang unik, kreatif, dan juga menghibur.

"Sebab saya pikir itu bagian dari entertainment," urai Gumbs ketika ditanya soal selebrasinya, Sabtu (10/3/2012).

Selebrasi gol ini mengajarkan bahwa sepak bola bukan ajang bagi kita untuk saling memusuhi ataupun saling menciptakan kerusuhan. Sepak bola adalah tempat bagi kita untuk bertemu, bercanda, tertawa, melepaskan sejenak kepenatan yang kita rasakan selama menjalani hari dalam hidup ini.

Salam dari kami, penggemar Sriwijaya FC buat anda semua dimanapun berada.


  • Stumble This
  • Fav This With Technorati
  • Add To Del.icio.us
  • Digg This
  • Add To Facebook
  • Add To Yahoo