Minggu, 25 Desember 2011

Keuntungan Untuk Semua

Pedagang Terompet
Pertandingan sepak bola termasuk kedalam jenis olahraga yang mempunyai penonton terbanyak pada setiap pelaksanaannya. Biasanya, penonton dari pertandingan sepak bola paling sedikit berjumlah dua puluh dua orang dan paling banyak bisa menyentuh angka seratus ribu penonton dan bahkan bisa lebih dari jumlah tersebut.

Tentunya, banyaknya penonton yang menyaksikan pertandingan sepak bola akan memberikan keuntungan bagi semua pihak. Pemain akan memperoleh keuntungan semangat setelah didukung oleh banyak penonton, pihak klub beruntung karena mendapatkan pemasukan dari tiket masuk yang dibeli oleh penonton, dan penonton juga akan mendapatkan keuntungan yaitu kepuasan batin mereka karena bisa menyaksikan dan mendukung pemain kesayangan mereka bertanding. Bahkan yang juga tidak kalah beruntung adalah para pedagang yang berjualan disekitar wilayah pertandingan tersebut dilaksanakan.

Seperti kita ketahui bersama bahwa dimana ada keramaian, pasti akan ada pedagang yang berusaha memperoleh penghasilan dengan jalan menjual dagangannya. Hal tersebut juga terjadi pada pertandingan sepak bola yang mempertemukan Sriwijaya FC dengan Persija Jakarta pada hari Minggu (18/12) yang lalu di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang.

Seperti biasa, sebelum masuk kedalam stadion guna menyaksikan pertandingan, saya dan rombongan menyempatkan waktu untuk berumpul didepan pintu masuk utama stadion. Setelah semuanya berkumpul, maka kami akan langsung masuk. Biasanya, tribun barat atas menjadi tempat favorit saya dan rombongan saya.

Ketika berada didepan pintu utama tersebut atau mungkin disemua wilayah stadion, kita akan mendapatkan banyak pedagang yang medagangkan barang dagangannya. Mulai dari terompet, makanan, minuman, dan lain sebagainya. Mereka berlomba merayu para penonton yang datang untuk membeli barang dagangannya agar mereka mendapatkan penghasilan.

Selain itu, biasanya para pedagang tersebut juga menjual barang dagangannya didalam stadion. Mereka menjual barang dagangannya ketika istirahat babak pertama dimula, disaat banyak para penonton yang merasa haus dan lapar setelah mendukung tim kesayangan mereka selama empat puluh lima menit babak pertama.

Hal ini merupakan satu buah kondisi yang sangat baik dimana semua pihak mendapatkan keuntungan. Tentunya, kondisi yang baik seperti ini jangan sampai diganggu atau bahkan dihilangkan dari kehidupan masyarakat ketika mereka menyaksikan pertandingan sepak bola karena kondisi seperti ini merupakan simbiosis mutualisme yang sangat baik dari menyaksikan pertandingan sepak bola.

Apakah anda merasakan apa yang dirasakan oleh saya dan rombongan saya? Semoga saja anda juga merasakan dan mari kita berdo’a agar kondisi yang kita rasakan ini tidak dihancurkan oleh perbuatan oknum yang ingin memperkaya diri dengan cara yang tidak perkenankan oleh kita semua.

Si Kecil sang Pedagang Terompet

Palembang, 19 Desember 2011
  • Stumble This
  • Fav This With Technorati
  • Add To Del.icio.us
  • Digg This
  • Add To Facebook
  • Add To Yahoo