Minggu, 25 Desember 2011

Satu warna, tidaklah penting

Saya termasuk kedalam kategori orang yang tidak terlalu suka untuk dipaksa memakai baju yang berwarna sama ketika menyaksikan pertandingan sepak bola. Saya merasa bahwa kesamaan dapat menghambat kreatifitas dan kebebasan seseorang dalam mendukung tim yang mereka banggakan.

Bagi beberapa orang yang menjadi penggemar sepak bola, kesamaan pakaian dalam menyaksikan pertandingan sepak bola sangatlah penting. Mereka sangat militant dalam mengajak orang untuk memakai warna yang sama ketika menyaksikan tim mereka bertanding di stadion kebanggaan mereka.

Saya sangat menghargai niat dan usaha para penggemar sepak bola yang berusaha untuk mengajak para penonton untuk memakai baju yang berwarna sama ketika menyaksikan pertandingan sepak bola. Tetapi saya juga berharap agar kiranya mereka juga menghargai keputusan orang-orang yang tidak ingin memakai warna yang sama ketika menyaksikan pertandingan sepak bola karena mereka memiliki alasan yang berbeda-beda sehingga mereka tidak mau memakai warna yang sama ketika menyaksikan pertandingan tersebut.

Hal terpenting dalam menyaksikan sebuah pertandingan sepak bola adalah bagaimana caranya kita mendukung tim kebanggaan kita dengan kreasi dan inovasi, sehingga para pemain yang membela klub yang kita banggakan, bisa termotivasi untuk terus berjuang mendapatkan hasil yang terbaik. Selain itu, hal yang terpenting adalah bagaimana caranya agar kita bisa menciptakan suasana yang aman, tentram, dan damai ketika kita menyaksikan pertandingan sepak bola dan juga tidak memiliki permusuhan dengan sesama pendukung satu klub ataupun dengan pendukung klub lain. Percuma saja kalau stadion diisi oleh orang-orang yang memakai baju yang sama, tetapi mereka bermusuhan dan juga dengan pendukung klub lain mereka bermusuhan. Tentunya sangat merugikan kalau kita mempunyai musuh dari pendukung klub lain yang berada di luar dari daerah kita. Kita tidak bisa mendukung para pemain di klub kebanggaan kita dan tentunya ini akan sedikit mempengarhui semangat para pemain karena mereka tidak mendapatkan dukungan dari pendukung mereka.

Saya sangat bersyukur kepada Tuhan karena pada saat ini para pendukung Sriwijaya FC sudah menciptakan kedamaian antara sesama pendukung di Stadion dan juga dengan para pendukung dari klub lain. Para pendukung Sriwijaya FC sudah sepantasnya dijadikan contoh oleh pendukung klub lain dalam mendukung tim kebanggaan mereka. Para pendukung Sriwijaya FC lebih mengedepankan persaudaraan dan perdamaian dalam mendukung tim kebanggaan mereka karena mereka menyadari bahwa semua pendukung klub sepak bola di Indonesia adalah bersaudara, saudara sebangsa dan setanah air.

Tetapi memang pada saat ini, sangat banyak penonton yang menyaksikan pertandingan kandang Sriwijaya FC, tidak memakai baju berwarna kuning. Seperti yang saya katakana sebelumnya, biarkanlah mereka merasa bebas tanpa medapatkan “paksaan” bahwa ketika mereka menyaksikan Sriwijaya FC bertanding di Jakabaring, mereka harus memakai baju yang berwarna kuning. Kalau “paksaan” ini terjadi, maka keinginan untuk melihat stadion gelora sriwijaya jakabaring menjadi ramai, tidak akan terwujud. Biarkanlah mereka bebas menentukan apa keinginan mereka karena mereka memiliki alasan yang berbeda-beda dan tentunya tidak dapat kita paksakan. Tujuan utama kita menyaksikan pertandingan Sriwijaya FC di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring adalah untuk mendukung para pemain Sriwijaya FC untuk mendapatkan hasil yang terbaik, bukan untuk menyamakan warna baju agar enak dilihat oleh orang lain.

Percayalah bahwa suatu saat nanti, stadion akan dipadati oleh penonton dan supporter Sriwijaya FC yang memakai baju berwarna kuning, membentangkan syal yang bertuliskan Sriwijaya FC, meniupkan terompet, dan membentuk gelombang ombak seperti yang pernah dilakukan sebelumnya. Semua itu akan kembali terjadi jikalau kita saling menghargai alasan, menciptakan kedamaian, dan menerima segala hasil yang terjadi setelah pertandingan selesai. Jika itu semua telah dilaksanakan, maka impian tersebut bisa menjadi kenyataan dan semuanya akan bertambah nikmat jika Sriwijaya FC menjadi juara. Semoga saja.

Palembang, 25 Desember 2011
  • Stumble This
  • Fav This With Technorati
  • Add To Del.icio.us
  • Digg This
  • Add To Facebook
  • Add To Yahoo