Senin, 14 Mei 2012

Opini : Terima Kasih Pak Polisi

Polisi Lalu Lintas ( dwindown / blogspot )
Kita semua tentu sangat menyukai ketika sebuah pertandingan sepak bola berlangsung dengan aman, damai, dan tentram. Semuanya akan bertambah nikmat ketika tim yang kita dukung bisa mendapatkan kemenangan. Kita pun lantas berterima kasih kepada para pemain karena telah mempertontonkan sebuah pertandingan yang baik dan juga mendapatkan hasil yang baik. Tetapi pernahkan ucapan terima kasih kita lontarkan kepada pihak kepolisian?

Kita mungkin akan bertanya, mengapa harus berterima kasih kepada pihak kepolisian? Sejenak mari kita memikirkan proses yang kita lalui dari rumah hingga sampai ke Stadion dan kemudian pulang kembali kerumah. Pada proses tersebut, pihak kepolisian memegang peranan yang sangat penting sehingga kita merasakan kenyamanan ketika menyaksikan sebuah pertandingan sepak bola.

Tiga jam sebelum pertandingan, biasanya aparat kepolisian telah siap pada posisi mereka masing-masing. Ada yang berada di persimpangan lampu merah guna mengantisipasi jika nantinya terjadi kemacetan dikarenakan padatnya jumlah pengguna jalan. Selain berada di persimpangan lampu merah, biasanya aparat kepolisian juga bersiaga di jalan yang berpotensi terjadi kemacetan. Pihak kepolisian tersebut bertugas dengan satu tujuan yang mulia yaitu melayani masyarakat.

Setelah kita sampai di Stadion, maka kita akan melihat banyak sekali aparat kepolisian yang berjaga di daerah parker kendaraan dengan tujuan menjaga kendaraan para penonton agar tidak dicuri oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Memang, terkadang ada satu atau dua kejadian dimana kendaraan bermotor hilang dicuri oleh orang lain. Namun semuanya tidak bisa hanya disalahkan kepada aparat kepolisian yang menjaga daerah parker karena pihak pemilik kendaraan juga harus mematuhi prosedur yang telah ditetapkan seperti parker pada daerah yang telah disediakan dan juga kemudian memberikan kunci tambahan pada kendaraan yang dimiliki.

Ketika kita telah berada di dalam Stadion dan menyaksikan pertandingan sepak bola, pihak kepolisian juga ditempatkan disekitar penonton yang menyaksikan pertandingan dan juga di pinggir lapangan. Tujuan mereka hanya satu yaitu memberikan pelayanan kepada masyarakat agar masyarakat aman dari gangguan oknum yang ingin membuat kericuhan.

Ujian terberat pihak aparat kepolisian, belumlah berakhir. Ketika pertandingan sepak bola telah selesai, maka mereka harus saling bekerja sama untuk mengalur jalur lalu lintas. Seperti kita ketahui bersama, ketika pertandingan sepak bola telah selesai dan masyarakat akan pulang ke rumah mereka masing-masing, tentunya jumlah kendaraan akan bertambah banyak dan akan sangat berpotensi untuk terjadinya ketika kemacetan dan apalagi ditambah dengan jumlah pejalan kaki yang berjalan beriringan keluar dari stadion.

Pihak kepolisian dengan kesabaran dan keramahan yang mereka miliki, tetap setia melaksanakan tugas mulai mereka mengatur satu per satu kendaraan agar tidak terjadi kemacetan sehingga masyarakat yang menonton pertandingan sepak bola bisa lancer perjalannya menuju rumah mereka masing-masing. Sungguh mulia memang, pengorbanan aparat kepolisian tersebut.

Melihat semua pengorbanan tersebut, tentunya sangat pantas bagi kita untuk mengucapkan terima kasih kepada bapak-bapak aparat kepolisian. Berkat pengorbanan mereka, kendaraan kita aman dari tindak pencurian, kita nyaman dan tentram ketika menyaksikan pertandingan sepak bola, dan kita pun bisa pulang ke rumah masing-masing tanpa terjebak dalam kemacetan yang terlalu lama.

Terima kasih Pak Polisi


  • Stumble This
  • Fav This With Technorati
  • Add To Del.icio.us
  • Digg This
  • Add To Facebook
  • Add To Yahoo