Minggu, 16 Oktober 2011

8 Oktober 2011, Kompetisi dimulai

PSSI akhirnya mengeluarkan keputusan yang mengatakan bahwa kompetisi musim 2011/2012 akan dilaksanakan mula 08 Oktober 2011 nanti. Hal ini berdasarkan pernyataan dari Koordinator Kompetisi. yang bernama Sihar Sitorus pada workshop yang diadakan oleh PSSI tanggal 03 Agustus 2011 di Hotel Sahid.

Sebelumnya, pertemuan guna membahas format kompetisi musim 2011/2012 sempat tertunda. Pada awalnya, PSSI mengundang pengurus klub untuk hadir dalam pertemuan guna membahas format kompetisi 2011/2012 pada tanggal 25 Juli 2011. Tetapi, dikarenakan ada kendala tekniks, Pihak PSSI membatalkan pertemuan tersebut hingga dilaksanakan pada tanggal 03 Agustus 2011 di Hotel Sahid dalam acara workshop.

Selain tentang kapan pelaksanaan kompetisi musim 2011/2012, PSSI juga mengatakan bahwa format pemain asing disetiap klub peserta kompetisi adalah tiga plus satu. Tiga orang pemain asing non asia dan satu orang pemain asing asia. Tetapi, walaupun tiga plus satu, PSSI hanya membolehkan tiga orang pemain asing yang turun dalam satu pertandingan.

Pada kompetisi sebelumnya, PSSI memberlakukan keputusan penggunaan lima orang pemain asing. Tiga orang pemain asing yang berasal dari non asia dan dua orang pemain asing asia. Semua pemain tersebut boleh diturunkan sekaligus dalam satu pertandingan.

Selain itu, PSSI juga memberlakukan peraturan terbaru mengenai format penyaringan terhadap klub yang akan bermain di kompetisi tertinggi musim 2011/2012 nanti. PSSI akan bekerja sama dengan AFC guna melakukan audit terhadap klub-klub yang akan mengikuti kompetisi musim 2011/2012. Audit tersebut mencakup lima hal, yaitu payung hukum (legal), finansial, infrastruktur, personel dan sporting (pembinaan, kontrak pemain dan perangkat pertandingan),

Sebagai salah satu Klub besar, Sriwijaya FC merasa yakin bisa lolos dari audit tersebut dikarenakan semua hal yang diaudit oleh PSSI dan AFC, semuanya dimiliki oleh Sriwijaya FC.

“SFC optimistis masuk dalam standar AFC, karena telah memenuhi seluruh ketentuan. Dengan begitu, PSSI setidaknya telah mengantongi satu klub yang layak diajukan ke pihak AFC, sehingga kuota Indonesia berlaga di AFC Cup atau LCA dapat bertambah,” ujar Faisal seperti yang ditulis oleh metrotv pada hari Jumat tanggal 5 Agustus 2011 pukul 17:27 WIB dengan judul Sriwijaya FC Optimistis Lolos Verifikasi AFC

Terakhir, PSSI juga mewajibkan tiap-tiap klub untuk melakukan deposit sebesar 5 Miliar Rupiah untuk peserta kompetisi level I dan 2 Miliar rupiah untuk peserta kompetisi level II. Pada peraturan sebelumnya, PSSI sudah mewajibkan kepada setiap peserta kompetisi untuk melakukan deposit dana sebagai salah satu syarat mengikuti kompetisi.

Kini, setelah kejelasan mengenai kapan kompetisi 2011/2012 didapatkan, semua klub yang merasa akan lolos audit tersebut, mulai berbenah diri. Mereka mulai mengevaluasi manajemen, hingga merombak semua pemain yang dianggap kurang memberikan kontribusi yang besar bagi Klub.

Sriwijaya FC, hingga saat ini masih terus berkonsentrasi untuk mendatangkan beberapa orang pemain baru. Salah satu informasi yang saat ini sangat sering terdengar ditelinga penggemar Sriwijaya FC adalah keinginan manajemen Sriwijaya FC untuk merekrut Alberto Goncalves atau yang sering disapa dengan nama Beto.

Palembang, 12 Agustus 2011.

http://www.jpnn.com/read/2011/08/13/100591/PSSI-Melunak,-Deposit-Tak-Harus-Uang-Tunai-
  • Stumble This
  • Fav This With Technorati
  • Add To Del.icio.us
  • Digg This
  • Add To Facebook
  • Add To Yahoo