Jumat, 13 Juli 2012

Rekor itu pun patah

Rahmat Affandi ( Internet / Suarajakarta.com )
Sriwijaya FC, pada musim 2011/2012 dikenal sebagai salah satu klub sepak bola yang terbaik di Indonesia. Pada pertandingan yang ke 30 atau sejak melawan Pelita Jaya di Stadion Singaperbangsa pada tanggal 03 Desember 2011 sampai ketika Sriwijaya FC melawan Persela Lamongan pada tanggal 20 Juni 2012 di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang, Sriwijaya FC telah mendapatkan kemenangan sebanyak 23 kali, hasil imbang sebanyak 4 kali, dan kalah sebanyak 3 kali. Berdasarkan jumlah tersebut Sriwijaya FC mendapatkan 73 poin dengan jumlah memasukkan gol lebih banyak daripada jumlah kemasukkan gol jika dibandingkan dengan klub yang lainnya yaitu memasukkan gol sebanyak 68 kali dan kemasukkan sebanyak 26 gol.

Tetapi rekor positif tidak pernah terkalahkan 20 pertandingan terakhir, akhirnya berhasil dipatahkan oleh klub lain yaitu Persija. Persija berhasil menjadi pemenang setelah menaklukkan Sriwijaya FC dengan kedudukan akhir 3-0 di stadion Gelora Bung Karno pada hari Minggu tanggal 24 Juni 2012 yang lalu melalui dua gol yang dicetak oleh Rachmat Affandi dan satu gol dari Pedro Javier Velazques Insfran.


Pemain Sriwijaya FC terlihat seperti bukan pemain Sriwijaya FC yang biasanya. Pada saat babak pertama pertandingan tersebut berjalan, pola permainan Sriwijaya FC sedikit tidak beraturan. Alur bola dan umpan dari kaki ke kaki seringkali salah dan bola pun berhasil didapatkan oleh pemain Persija.

Walaupun seringkali melakukan kesalahan, pemain Sriwijaya FC terus memberikan tekanan kepada pemain Persija. Mungkin dikarenakan keberuntungan belum berpihak kepada Sriwijaya FC, berbagai peluang yang berhasil diciptakan, tidak bisa menjadi gol. Ternyata Persija mampu memanfaatkan peluang melalui serangan balik pada menit ke 13 dan akhirnya menjadi gol yang dicetak oleh Pedro Javier Velazques Insfran pada menit ke 14.

Ketika sudah ketinggalan satu gol, pemain Sriwijaya FC mencoba lebih bersabar untuk mencetak gol. Ketidakhadiran Lim Joon Sik dan Thierry Gathuessi, ternyata memang sangat dibutuhkan oleh Sriwijaya FC. Terbukti, ketika kedua pemain tersebut tidak diturunkan, berulangkali serangan balik yang dilakukan oleh pemain Persija berhasil membuat jantung penggemar Sriwijaya FC berdetak kencang.

Setelah berulangkali melakukan serangan balik, akhirnya Persija kembali menctak gol pada menit ke 17 melalui Rachmat Affandi, sehingga membuat Sriwijaya FC ketinggalan 2-0. Hingga babak pertama berakhir, pertandingan ini tetap 2-0 untuk keunggulan sementara bagi Persija.

Ketika peluit tanda babak kedua telah ditiup oleh wasit Thoriq M. Alkatiri sebagai pertanda bahwa babak kedua dimulai, pemain Sriwijaya FC melakukan penyerangan dan pengepungan secara sporadis terhadap pertahanan Persija, tentunya dengan tujuan untuk mencetak gol dan menyamakan kedudukan. Para pemain Persija pun dipaksa untuk total bermain bertahan dan dikepung setengah lapangan.

Mungkin memang keberuntungan sedang berada pada Persija, melalui serangan balik yang cantik, Rachmat Affandi kembali berhasil mencetak gol pada menit ke 63 setelah memanfaatkan umpan manis dari pemain Persija yang lainnya dan membuat kedudukan sementara 3-0 untuk keunggulan Persija.

Hingga babak kedua selesai, kedudukan tidak berubah yaitu Persija berhasil menjadi klub yang mengalahkan Sriwijaya FC dengan kedudukan 3-0 setelah selama 20 kali pertandingan Sriwijaya FC sebelumnya, tidak terkalahkan.

Walaupun mendapatkan kekalahan, hasil ini tidak mempengaruhi posisi Sriwijaya FC di peringkat pertama klasemen sementara Indonesia Super League karena Sriwijaya FC telah dipastikan menjadi juara pada kompetisi musim 2011/2012 ini.

Setelah pertandingan ini, pemain Sriwijaya FC akan langsung berangkat menuju Pekanbaru untuk menghadapi PSPS pada hari kamis tanggal 28 Juni 2012 nanti dan rencananya akan disiarkan secara langsung oleh AnTV pada pukul 15.30 WIB.

Berita Lainnya : Sriwijaya FC, kamu tidak sendirian

  • Stumble This
  • Fav This With Technorati
  • Add To Del.icio.us
  • Digg This
  • Add To Facebook
  • Add To Yahoo