Selasa, 24 Juli 2012

Ayo Ribut Dalam Kebaikan

Persatuan Indonesia ( internet / blogspot )
Terkadang, saya sering merasa heran dengan sikap sebagian besar diantara kita yang selalu menyalahkan supporter ketika terjadinya suatu tindakan kerusuhan dalam sepak bola. Memang, supporter tersebut bersalah, tetapi ada menurut saya, ada juga pihak lain yang secara tidak langsung merestui tindakan tersebut dan mendorong terjadinya kerusuhan.

Kita semua tentu menyadari bahwa peredaran informasi disekeliling kita, sangat banyak dan juga cepat peredarannya. Terkadang, tidak sedikit info yang beredar tersebut adalah info negatif yang sengaja diedarkan dengan tujuan tertentu. Terlepas dari niat penyebaran informasi tersebut, secara otomatis info yang kita dapatkan tersebut akan terekam di alam bawah sadar yang kita miliki.

Seperti kita ketahui bahwa pada saat ini sangat sering kita baca dan kita dengar informasi mengenai kerusuhan yang dikabarkan secara berulang-ulang. Niat penyebaran informasi tersebut memang baik, tetapi jika terus menerus dikabarkan kepada penerima informasi tanpa adanya pemberitaan yang berimbang tentang kebaikan yang dilakukan, maka bukan tidak mungkin alam bawah sadar manusia yang menerima informasi tersebut akan menyimpulkan bahwa kerusuhan dan kericuhan yang terjadi sudah menjadi kebiasaan dan dimaklumi karena tidak ada tindakan tegas dari pihak keamanan.


Sebenarnya sangat banyak perbuatan baik yang dilakukan oleh supporter sepak bola ataupun masyarakat lainnya yang pantas untuk dikabarkan daripada informasi tentang kerusuhan dan kekerasan yang selalu dikabarkan secara berulang-ulang. Tetapi memang, prinsip good news is bad news and bad news is good news sepertinya masih setia dipegang teguh oleh si pemberi informasi tanpa memikirkan akibat yang akan didapatkan oleh pihak penerima informasi.

Supporter sepak bola juga harus sadar bahwa semua supporter sepak bola yang di Indonesia adalah saudara. Bukankah sudah jelas dalam pancasila sila ketiga berbunyi Persatuan Indonesia yang berarti semua rakyat Indonesia adalah satu saudara dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Memang bukan tidak mungkin dalam persaudaraan tersebut terjadi perselisihan karena memang setiap manusia mempunyai watak yang berbeda. Oleh karena itu, komunikasi dan musyawarah merupakan tindakan yang penting untuk dilakukan dan melepaskan semua keegoisan pribadi demi suatu kepentingan besar yaitu persatuan antara rakyat Indonesian dan kesatuan dalam mendukung sepak bola Indonesia agar menjadi lebih baik kembali.

Secara pribadi saya lebih menyukai sebuah kalimat lebih baik kita loyal terhadap klub daripada kita harus fanatik terhadap klub kebanggaan kita. Kalau kita loyal kepada klub kebanggaan, maka kita akan cerdas dalam mencintai dan mendukung klub yang kita banggakan. Kita akan beradu argumentasi dengan fakta yang jelas dalam suatu diskusi dan menerima kritikan dari orang lain serta tidak memandang rendah supporter lain ataupun supporter dari klub lain dan pada akhirnya kita akan menikmati sebuah pertandingan sepak bola sebagai sebuah hiburan dengan lapang dada menerima segala hasil yang didapatkan setelah pertandingan, baik menang ataupun kalah.

Sedangkan kalau kita fanatik terhadap sebuah klub sepak bola yang kita banggakan, bukan tidak mungkin kalau kita akan klub sepak bola yang kita dukung merupakan klub yang paling hebat, suka meremehkan orang lain, dan bukan tidak mungkin kita tidak akan menerima hasil yang didapatkan ketika hasil tersebut adalah kekalahan.
Alangkah lebih baiknya jika kita semua, baik itu penonton sepak bola, supporter ataupun pihak lainnya berlomba-lomba untuk melakukan kebaikan dan meributkan kebaikan. Supporter bisa berbuat kebaikan dengan menampilkan kreasi-kreasi yang menarik pada saat pertandingan berlangsung, menyanyikan lagu-lagu yang membakar semangat para pemain pada klub yang didukung bukan menyanyikan lagu dengan lirik menghina orang lain, dan menjalin hubungan dengan baik antara sesama supporter sepak bola.

Kemudian, para pemberi informasi bisa juga berbuat kebaikan dengan cara memberikan informasi yang bermanfaat bagi para penerima informasi mengenai kreasi supporter di lapangan sepak bola, aksi-aksi solidaritas yang dilakukan oleh supporter, dan juga silaturahim yang dilakukan antara supporter untuk memperkuat rasa persaudaraan.

Terakhir, penonton pun bisa berbuat kebaikan dengan tidak terlalu sering mendengarkan informasi buruk yang diberikan oleh pihak pemberi informasi dan lebih baik memperbincangkan kebaikan yang dilakukan oleh para supporter karena sangat banyak kebaikan yang dilakukan oleh supporter sepak bola.

Jika semua elemen dalam sepak bola berlomba dalam memperbanyak perbuatan baik yang dilakukan, maka saya kerusuhan dan kericuhan yang terjadi dalam sepak bola akan semakin berkurang atau bukan tidak mungkin akan menjadi sangat sedikit karena alam bawah sadar kita sebagai manusia selalu menerima informasi seputar kebaikan dan pada akhirnya alam bawah sadar tersebut memerintahkan kepada tubuh untuk ikut berbuat baik.

Berita lainnya : Impian itu pun akhirnya terwujud

  • Stumble This
  • Fav This With Technorati
  • Add To Del.icio.us
  • Digg This
  • Add To Facebook
  • Add To Yahoo